Target audiens
Adalah audiens yang tertarik untuk mengunjungi situs Anda, mendapatkan informasi dari situs Anda, membeli sesuatu atau memesan layanan yang situs Anda sediakan. Penentuan yang tepat dari target audiens adalah kunci keberhasilan bisnis Anda.
- Jenis kelamin, usia, status perkawinan
- Lokasi
- Pendidikan, tempat kerja
- Keuangan dan status ekonomi
- Dll. Dll.
Pemahaman calon pengguna Anda membantu untuk menyiapkan bahan, gambar, artikel yang paling cocok dengan permintaan pengguna. Langkah ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas konten situs dan sebagai peluang untuk mendapatkan pengguna yang lebih relevan.
Keywords selection
Bagaimana pelanggan menggunakan Google dan mesin pencari lainnya? ya, mereka mengetikan kata-kata (kata kunci pendek) atau frasa (kata kunci panjang) di kolom pencarian dan memeriksa situs web yang disediakan oleh Google sebagai hasil pencarian. Mengapa perlu memilih kata kunci? Ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan SEO situs Anda terutama pada konten semua halaman dan posisi halaman dalam hasil pencarian Google akan lebih tinggi.
Posisi tinggi = lebih banyak visitor Anda dapatkan.
Ada banyak cara dan metode bagaimana memilih kata kunci untuk situs Anda.
Brainstorm
Pikirkan tentang situs Anda untuk sementara waktu. Kata kunci apa yang dapat digunakan untuk orang-orang bisa menemukan situs Anda di Google? Tuliskan semua kata kunci. Jika Anda memiliki beberapa jenis barang atau jasa, cobalah untuk membuat group kata kunci per kategori.
Tips Google search
Google dan mesin pencarian lainnya memberikan kesempatan yang baik untuk memperbanyak daftar kata kunci longtail untuk situs Anda. Seperti ada banyak Google tools untuk penyaranan kata kunci.
Gunakan langsung Google Search tips atau tool gratis dari Uptopromo keyword selection. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan dengan cara sederhana.
Tool selection untuk kata kunci
Google sendiri memiliki tool yang rumit dan kuat, tetapi sedikit memilih kata kunci untuk promosi. Menggunakan tool ini Anda dapat memasukkan URL situs Anda dan mendapatkan ide-ide Google tentang kata kunci yang baik untuk situs Anda. Google juga memberikan rentang nilai berapa banyak pelanggan akan mengunjungi website Anda.
Tool UptoPromo Keyword Selection- memberikan Anda untuk angka pastinya berapa banyak klien yang akan mengunjungi situs Anda. Tool Booth ini gratis untuk digunakan.
Gunakan Google Keyword Tool, SEMRush atau dapatkan ide-ide dari tool gratis Uptopromo Selection.
Sistem Web Analitik (Google Analytics, Google Webmaster)
Jika Anda menggunakan Google Analytics atau Google Webmaster Console Anda harus memeriksa informasi kata kunci yang paling populer atau kata kunci yang kurang populer untuk situs Anda, yang mengarah pelanggan untuk menemukan dan mengunjungi situs Anda.
Anda dapat menggabungkan informasi ini dengan hasil brainstorming, Google tips, tools dari UpToPromo Keyword Selection dan Anda akan mendapatkan daftar yang paling relevan dari kata kunci.
Kata Kunci SEO dari pesaing Anda
Mencari pesaing Anda di Google atau jika Anda tahu situs pesaing Anda, Anda dapat melakukan beberapa hal:
- Memeriksa html-code: Title, Keywords, Description, h1 - h3 tag dari situs pesaing dan penggunaan kata kunci dari pesaing Anda. Untuk memeriksa tag dibutuhkan: masukkan url situsnya di browser Anda (Chrome, Opera, Firefox), klik kanan pada situsnya, pilih menu "Show Code".
- Anda juga dapat menggunakan layanan seperti: Alexa.com dan SEMRush.
Saran dari tool iklan kontekstual
Layanan seperti Google Adwords menyediakan untuk memeriksa kata kunci yang lebih baik untuk promosi situs Anda.
Anda bisa mendapatkan tambahan varian kata kunci dan memasukkan informasi tentang situs Anda atau situs pesaing Anda ke dalam Google Adwords Keyword Planner atau tool Gratis Uptopromo Keyword Selection.
Membuat daftar kata kunci SEO Anda lebih baik.
Akhirnya, Anda memiliki daftar kata kunci! Selamat!
Sekarang Anda harus memperluas daftar kata kunci yang seperti menggunakan kata kunci kombinasi, sinonim, misprints.
Karena setiap pelanggan menggunakan permintaan pencarian yang berbeda, seperti kata-kata misprints dan menggunakan kombinasi kata-kata yang berbeda.
1 kata dan lebih dari 1 kata untuk kata kunci pencarian
Untuk membuat daftar kata kunci yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak pelanggan Anda harus menggunakan lebih dari 1 kata untuk kata kunci. Sebagai contoh:
Beli notebook Membeli notebook di Jakarta Membeli game notebook Jakarta Membeli notebook Jakarta pengiriman gratis
Dengan lebih dari 1 kata untuk kata kunci (keyword long tail) merupakan keyword kurang kompetitif dan efek SEO akan jauh lebih baik.
Sinonim dan singkatan
Tambahkan Sinonim dan singkatan untuk daftar kata kunci, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan tambahan untuk situs Anda. Sebagai contoh:
Kata kunci: notebook
Kata varian tambahan untuk dijadikan kata kunci seperti:
netbook
MacBook
Chromebook
pc portabel
Anda bisa menggunakan kata dalam bahasa gaul.
Gunakan kombinasi dari kata kunci
Cobalah untuk menggunakan kombinasi untuk kata kunci Anda.
Anda bisa mencoba skema ini:
murah - ................. - di Jakarta
baru - notebook - asus ...
digunakan - netbook - acer
terbaik - ................. - pengiriman gratis
Salah ketik dapat menghemat uang Anda!
Ketika pelanggan sedang mencari sesuatu, mereka sangat sering melakukan salah ketik,misalnya:
Notebook
Notbook
Nottebook
Noteboo
Penggunaan salah ketik akan mendorong situs Anda ke atas pada hasil pencarian dengan effort yang mudah.
Kata kunci SEO dan cek query pencarian
Cari kata kunci dan permintaan pencarian memiliki arti yang berbeda. Yang berbeda adalah bahwa pelanggan menggunakan permintaan pencarian di Search Engine untuk mencari informasi, barang atau jasa.
Hal-hal utama di sini adalah untuk memeriksa semua kata kunci yang Anda miliki setelah brainstorming dan penelitian. Jika tidak ada permintaan pencarian tersebut atau jumlah kurang dari 30 permintaan pencarian per bulan, Anda harus menghapus kata kunci tersebut dari daftar.
Jumlah situs atau halaman dalam Indeks Pencarian Google
Periksa jumlah situs atau halaman di Google terkait dengan kata kunci SEO.
Jumlah yang besar dari situs dan halaman hasil pencarian menunjukkan bahwa kata kunci SEO ini kompetitif dan akan memakan banyak waktu dan uang untuk pengoptimalan SEO situs Anda ketika Anda memilih kata kunci tersebut.
Cobalah untuk memilih kata kunci dengan jumlah tidak begitu besar.
Kata kunci SEO yang relevan dan paling efektif.
Tergantung pada tujuan Anda, memilih kata kunci untuk SEO yang paling relevan dan perspektif dari daftar yang Anda punya. Kata kunci ini akan membawa Anda banyak pelanggan dan tidak akan mengambil banyak waktu dan uang untuk Optimasi SEO dan promosi. Minggu demi minggu, Anda dapat memperbanyak daftar kata kunci SEO.
Pengelompokan kata kunci SEO
Anda memiliki daftar kata kunci SEO untuk website Anda, Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?
Anda perlu mengelompokan kata kunci SEO dengan kategori dan subkategori.
- Kategori: kata kunci SEO dengan frekuensi tinggi dan menengah
- Subkategori: menengah dan kata kunci frekuensi rendah
Pengelompokan ini akan membantu Anda untuk mencakup semua jenis kata kunci dan akan meningkatkan traffic ke situs Anda setelah optimasi SEO.
Pengelompokan kata kunci SEO
Anda memiliki daftar kata kunci SEO untuk website Anda, Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?
Anda perlu mengelompokan kata kunci SEO dengan kategori dan subkategori.
- Kategori: kata kunci SEO dengan frekuensi tinggi dan menengah
- Subkategori: menengah dan kata kunci frekuensi rendah
Pengelompokan ini akan membantu Anda untuk mencakup semua jenis kata kunci dan akan meningkatkan traffic ke situs Anda setelah optimasi SEO.
Siapkan seperti Pohon Website berdasarkan kategori
Berikut adalah contoh bagaimana mempersiapkan pohon untuk website Anda
Furniture website e-commerce:
- Kamar tidur
- Dapur
- Kamar anak-anak
- Ruang keluarga
- - Meja TV
- - Kabinet
- - Laci
- - ...
- Halls
...
Optimasi untuk Robot pencari
Semua mesin pencari mempunyai robot pencari untuk melakukan pengecekan situs setiap hari / minggu / bulan. Robot lebih menyukai pengecekan situs yang menggunakan HTML yang mudah.
Robot tidak menyukai dan tidak dapat melakukan pengecekan untuk Flash atau kode Javascript.
Harap diperhatikan : Usahakan menggunakan HTML yang simple untuk URL dan isi.
Optimasi untuk Search robot
Semua mesin pencari memiliki robot pencari yang memeriksa situs web secara harian / mingguan atau bulanan. Robot lebih memilih untuk memeriksa situs yang menggunakan HTML sederhana.
Bahkan sekarang, ketika JavaScript atau Flash adalah instrumen populer untuk pembuatan website, robot memiliki masalah untuk memeriksa jenis situs ini. 90% bahwa robot tidak akan memeriksa dan menghitung nilai halaman Anda atau link jika berada dalam Flash atau JavaScript.
Penting: Cobalah untuk menggunakan HTML sederhana untuk URL dan konten.
Halaman utama, kedua dan ketiga
Hal yang penting dari situs anda adalah harus mudah diakses oleh kustomer. Tanyakan pada diri anda, berapa banyak klik dari halaman utama menuju halaman lain nya yang paling nyaman bagi kita? Dua atau maksimum 3 klik dari halaman utama. Itu jawabannya.
2-3 klik bergaransi bahwa search robot akan mengunjungi situs kita lebih sering dan membuat menjadi prioritas halaman tersebut.
Halaman kedua juga penting!
Setiap link dari halaman utama merupakan hal yang penting. Halaman yang berisikan informasi penting, atau halaman yang kita inginkan mendapat banyak pengunjung perlu ditempatkan di halaman kedua dari situs Anda.
Contoh :
www.uptopromo.co.id – halaman utama
www.uptopromo.co.id/checklist – halaman yang penting berada pada halaman kedua
Gunakan Bread crumbs
Bread crubs merupakan tool penting navigasi untuk situs, yang membantu mengunjungi situs tanpa anda masalah. Navigasi situs yang mudah merupakan nilai plus untuk robot dan membantu meningkatkan rating dari situs pada mesin pencari.
Sitemap.xml
File setemap.xml berisikan informasi mengenai situs Anda untuk robot pencari. Informasi ini membantu robot pencari untuk melakukan indeksasi situs kita lebih cepat. Seperti halaman mana yang diperlukan untuk mesin pencari dan halaman mana hanya untuk penggunaan internal.
Bagaimana membuat sitemap.xml?
Basic struktur URL
Menunjukan struktur situs pada URL adalah sangat berguna untuk beberapa hal :
- Membantu Anda, team developer dan kustomer untuk menavigasi situs tanpa masalah
- Membantu menunjukan search robot bahwa kita mempunya struktus situs yang simple dan kuat, dimana mempunyai nilai plus untuk search rank dan juga membantu mesin pencari menyiapkan snippet situs yang tepat
Basic struktur URL
Menunjukan struktur situs pada URL adalah sangat berguna untuk beberapa hal :
- Membantu Anda, team developer dan kustomer untuk menavigasi situs tanpa masalah
- Membantu menunjukan search robot bahwa kita mempunya struktus situs yang simple dan kuat, dimana mempunyai nilai plus untuk search rank dan juga membantu mesin pencari menyiapkan snippet situs yang tepat
Gunakan friendly SEO Urls
Friendly SEO Urls mengandung kata kunci SEO, hal ini membantu meningkatkan ranking pada pencarian. Juga bagi kustomer memudahkan untuk mengingat URL dan mengerti kira2 isi konten situs.
Salah: uptopromo.co.id/123seo
Benar: uptopromo.co.id/free_seo_audit
URL yang panjang tidak mempunyai manfaat
URLs perlu singkat, dan mudah dibaca dan dimengerti (seperti judul dari halaman). Hal tersebut memudahkan kustomer untuk membagi link ke sosial network dan blog. URL yang panjang seringkali terpotong oleh mesin pencari dan tidak mempunyai nilai untuk optimasi SEO.
Gunakan URL yang singkat: uptopromo.co.id/free_seo_checklist
rel=canonical - yang harus diketahui!
Apabila anda mempunyai konten yang sama pada beberapa halaman, anda dapat menggunakan rel=canonical tag. Tag ini membantu menunjukan halaman mana yang lebih penting dan meningkatkan nilai dari konten pada halaman. Juga pencarian robot tidak akan berpikir bahwa konten ini duplikat atau unik.
Contoh:
http://uptopromo.co.id/en - halaman original
http://uptopromo.co.id/en/optimizers_landing - halaman SEO Optimizer
Kita menggunakan rel=canonical tag pada bagian dari halaman SEO optimizers
link rel="canonical" href="http://uptopromo.co.id/en"Google Webmaster Console
Mesin pencari menyediakan spesial tool untuk membantu Webmaster mengecek status dari situs mereka dan memperbaiki Error secara tepat waktu. Juga tool ini membantu webmaster menyediakan informasi yang bermanfaat: pencarian kata kunci organik, jumlah pengunjung, pengelolaan snippet dan masih banyak lagi.
Gunakan tool ini untuk kesuksesan Anda.
Webpage SEO Titles
Apabila anda ingin membuat situs yang efektif yang akan masuk di Top-10 pada mesin pencari, Anda harus mengoptimasi setiap konten halaman dari situs Anda. Anda harus membuat title untuk situs Anda dan setiap halaman pada situs Anda. Title harus pendek dan informatif.
Karena Google akan mengambil informasi dari title dan mempersiapkan snippet dari situs Anda dan setiap halaman situs Anda. Mohon melakukan pengecekan lebih detail.
Title pendek dan informatif
Gunakan maksimum 70 karakter pada Title setiap halaman. Apabila tidak Google akan memotong Title dari situs dan menampilkan pada pencarian dengan teks yang lebih sedikit.
Contoh: UpToPromo.co.id | Solusi Layanan Jasa SEO Servis Indonesia
Title = Kesimpulan dari konten
Title Harus menyimpulkan isi dari situs.
Contoh:
Attractive title - Call to Action Titles
Siapkan Title yang menarik untuk situs Anda. Gunakan Call to action Titles atau memberikan solusi pada Title setiap halaman.
Situs mana yang anda pilih untuk contoh?
Taruh kata kunci SEO pada awalan dari kalimat
Anda membaca kalimat dan frase dari awal. Dari kiri ke kanan. Sebaiknya menyelipkan kata kunci SEO pada awalan dari judul. Hal ini akan memberikan infomasi kepada pengunjung untuk mengunjungi situs Anda pada saat melakukan pencarian.
Penting: Banyak pengunjung yang menggunakan Bookmark. Pada saat pengunjung membuka bookmark menu, alangkah mudahnya mencari dikarenakan adanya Attractive Title
Unique titles
Title website harus unik disetiap halaman, dan juga harus unik pada hasil pencarian secara umum. Sebelum menambahkan Title pada situs Anda, silahkan mengecek top 10 atau top 25 pada hasil pencarian Google. Apabila Title sama atau kurang menarik dari yang lain. Silahkan menulis ulang
Apa Snippet? Dan mengapa itu penting untuk Anda?
Snippet - adalah deskripsi singkat dari situs Anda, yang ditampilkan untuk setiap pelanggan yang telah memasukan kata kunci dalam pencarian. Snippet terdiri dari judul, bagian dari konten situs, alamat kantor Anda dan quick link.
Snippet yang bagus dan informatif dapat meningkatkan traffic ke situs Anda secara dramatis.
Short meta-description
Gunakan 70 - 130 simbol untuk teks pada meta deskripsi.
Short meta-description, kurang dari 70 simbol, terlihat kurang informatif. Tapi long-meta description, lebih dari 130 simbol dipotong oleh Google Search.
Deskripsi menarik = attractive snippets
Seperti setiap tulisan yang menarik, deskripsi yang menggunakan call to action atau setiap jawaban dari pertanyaan pelanggan merupakan Snippet yang baik. Snippet yang bagus dan menarik akan meningkatkan CTR dari situs pada hasil pencarian.
Keyword SEO dalam snippet
Meta deskripsi dianggap hanya sebuah proposal untuk mesin pencari dimana teks ini digunakan sebagai potongan teks website Anda. Mesin pencari ini menggunakan deskripsi sebagai potongan yang bernilai hanya jika teks relevan dengan permintaan pencarian.
Biasanya mesin pencari mengambil atau membaca bagian teksnya dari konten website Anda.
Oleh karena itu perlu untuk mempersiapkan dan mengoptimalkan dengan baik: Deskripsi dan konten mengenai permintaan yang relevan.
Struktur data dan snippet ekstensi
Struktur data membantu memperbaiki struktur konten situs yang lebih baik dan menandai blok yang paling penting dalam teks. Hal ini dapat membantu menunjukkan snippet situs Anda dalam pencarian, seperti: jam kerja, penjualan tambahan dan lain-lain.
Rincian tentang struktur data:
Google struktur dataSEO details
Konten yang unik
Tidak hanya pelanggan yang suka membaca konten yang unik, dimana mereka tidak dapat menemukan di situs-situs lain. Tapi Mesin pencari juga menyukai jenis konten seperti itu untuk meningkatkan peringkat situs web dengan konten yang unik. Dimana situs dengan konten yang unik akan mengindeks lebih cepat. Bahkan hal ini sangat berlaku jika website Anda memiliki banyak halaman web, cobalah untuk mempersiapkan konten yang unik untuk semua halaman.
Konten yang unik
Tidak hanya pelanggan yang suka membaca konten yang unik, dimana tidak dapat menemukan di situs-situs lain. Tapi Mesin pencari juga menyukai jenis konten seperti itu untuk meningkatkan peringkat situs web dengan konten yang unik. Dimana situs dengan konten yang unik akan terindex lebih cepat.
Bahkan hal ini sangat berlaku jika website Anda memiliki banyak halaman web, cobalah untuk mempersiapkan konten yang unik untuk semua halaman.
h1 — Tag yang bagus untuk kata kunci SEO
Jangan lupa untuk menempatkan kata kunci SEO ke dalam tag h1 – h6. Tag ini membantu untuk membuat konten yang lebih terstruktur dan juga menjelaskan secara singkat kunci informasi dari paragraph.
Untuk konten Search engine memasukan tag h1 – h6 adalah berharga, itulah mengapa Anda harus menggunakan kata-kata SEO di sana.
Konten atau teks tidak terlihat
Perhatian: Jangan pernah mencoba untuk menggunakan konten yang tidak terlihat yang hanya dapat dilihat oleh mesin pencari. Ini akan merusak semua pekerjaan optimasi SEO Anda dan bahkan berakibat situs Anda akan menurun di ranking mesin pencari.
Clone ... Clone ...
Konten clone adalah alasan utama bahwa mesin pencari tidak akan mengindeks atau mengindeks rendah halaman situs Anda.
Jika konten ini copy-paste dari website lain, akan sulit untuk mendapatkan halaman ini diindeks oleh mesin pencari. Jika Anda perlu menambahkan informasi dari website lain, tulislah ulang teks ini dan hanya menggunakan petunjuk umum. Periksa halaman Anda untuk mencegah serangan dari clone!
ALT dan Title tag untuk gambar Anda
Gunakan kata kunci SEO untuk alt dan Title tag untuk gambar Anda. Ini akan membantu untuk meningkatkan struktur situs Anda dan membantu mesin pencari meningkatkan relevansi halaman situs.
Iklan popup
Tidak hanya pelanggan yang tidak menyukai iklan popup, tetapi mesin pencari juga memeriksa hal ini pada situs dan jika ditemukan iklan popup maka akan diterapkan filter untuk situs Anda. Dan situs Anda tidak akan mendapatkan ranking puncak pada Search Engine.
Minimal konten yang diperlukan
250 kata untuk teks/artikel Anda yang unik dijamin halaman Anda akan diindeks ASAP. Gunakan kata kunci SEO minimum sekali dalam teks/artikel Anda untuk membantu mesin pencari meningkatkan peringkat situs Anda dalam pencarian. Perhatikan pada konten yang dipublikasikan di situs Anda. Ini adalah salah satu hal penting sebagai langkah-langkah untuk masuk ke TOP pencarian di Search Engine.
0 komentar:
Posting Komentar